Retno Handayani, 0813056117 (2014) PENGGUNAAN ALAT PERAGA MAGNET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SD NEGERI 2 MARGAAGUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (447Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (445Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (266Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (193Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (300Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (480Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penerapan pembelajaran IPA menggunakan metode ceramah masih dominan di SD Negeri 2 Margaagung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui penggunaan alat peraga magnet. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam e-TA ini digunakan dengan instrument berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasi belajar siswa digunakan lembar evaluasi. Langkah-langkah pembelajaran IPA menggunakan alat peraga magnet adalah sebagai berikut: (1) Melakukan percobaan yang menunjukkan adanya gaya magnet; (2) Menyimpulkan bahwa gaya magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari besi atau baja; (3) Menyebutkan kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari; (4) Mengetahui macam-macam bentuk magnet; (5) Menunjukkan arah utara dan selatan menggunakan magnet; (6) Melakukan percobaan untuk menunjukkan adanya gaya elektromagnetik; (7) Menyimpulkan bahwa gaya elektromagnetik dapat menarik benda-benda tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga magnet dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa. Hal ini ditunjukkan berdasarkan ketuntasan hasil belajar pada siklus satu 61,7% dengan kategori cukup aktif meningkat menjadi 82,6% dengan kategori aktif pada akhir siklus dua. Kata kunci: alat peraga, hasil belajar, dan aktivitas belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 5289132 . Digilib |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 06:25 |
Terakhir diubah: | 06 Apr 2015 06:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7990 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |