PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD XAVERIUS METRO

, SRIYONO (2011) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD XAVERIUS METRO. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Jadi Sampul.pdf - Published Version

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Asbtrak.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (127Kb) | Preview
[img] Text
BA IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (194Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (166Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Matematika melalui penggunaan model kooperatif tipe STAD. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan dapat meningkatkan pencapaian prestasi belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 36 siswa kelas V di SD Xaverius Metro Kecamatan Metro Pusat pada semester dua tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, untuk aktivitas, afektif, dan psikomotor. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik prosentase dengan membandingkan pada standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan: dari siklus 1 diperoleh rata-rata aktivitas siswa sebanyak 70,2% dan pada siklus 2 rata-rata aktivitas siswa menjadi 89,29%. Peningkatan ini antara lain disebabkan oleh materi yang dibahas dan didiskusikan dianggap oleh sebagian siswa merupakan materi yang menyenangkan dan merasa siap dengan pembelajaran matematika menggunakan STAD yang dibuktikan pada siklus 1 prestasi siswa rata-rata kelas adalah 71,9 kemudian siklus 2 adalah 79,44, sehingga siswa terlihat antusias dan aktif dalam pembelajaran maupun dalam setiap diskusi kelompok berlangsung. Akhirnya peneliti menyarankan kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan untuk selalu menyadari tentang pentingnya meningkatkan aktivitas belajar baik ranah kognitif, afektif serta keterampilan siswa untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Kata kunci: kooperatif tipe STAD, aktivitas, kerja sama, prestasi belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 29 Jan 2014 03:28
Last Modified: 29 Jan 2014 03:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/800

Actions (login required)

View Item View Item