, SRIYONO (2011) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD XAVERIUS METRO. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Jadi Sampul.pdf - Published Version Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Asbtrak.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (127Kb) | Preview |
|
File PDF
BA IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (194Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (174Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (166Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Matematika melalui penggunaan model kooperatif tipe STAD. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran Matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan dapat meningkatkan pencapaian prestasi belajar siswa. Penelitian ini melibatkan 36 siswa kelas V di SD Xaverius Metro Kecamatan Metro Pusat pada semester dua tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, untuk aktivitas, afektif, dan psikomotor. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik prosentase dengan membandingkan pada standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan: dari siklus 1 diperoleh rata-rata aktivitas siswa sebanyak 70,2% dan pada siklus 2 rata-rata aktivitas siswa menjadi 89,29%. Peningkatan ini antara lain disebabkan oleh materi yang dibahas dan didiskusikan dianggap oleh sebagian siswa merupakan materi yang menyenangkan dan merasa siap dengan pembelajaran matematika menggunakan STAD yang dibuktikan pada siklus 1 prestasi siswa rata-rata kelas adalah 71,9 kemudian siklus 2 adalah 79,44, sehingga siswa terlihat antusias dan aktif dalam pembelajaran maupun dalam setiap diskusi kelompok berlangsung. Akhirnya peneliti menyarankan kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan untuk selalu menyadari tentang pentingnya meningkatkan aktivitas belajar baik ranah kognitif, afektif serta keterampilan siswa untuk meningkatkan prestasi belajar matematika. Kata kunci: kooperatif tipe STAD, aktivitas, kerja sama, prestasi belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 29 Jan 2014 03:28 |
Terakhir diubah: | 29 Jan 2014 03:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/800 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |