Leni Widiawati, 1113031044 (2015) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (326Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (379Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (559Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (70Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan GI terhadap hasil belajar IPS Terpadu dan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tulang Bawang Tengah pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TSTS sedangkan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran GI. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS lebih tinggi dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran GI. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung (0,564) < ttabel (1,671) dan nilai Sig 0,575 > 0,05 serta ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar menggunakan model TSTS 80,322 dengan peningkatan 27,903 dan model GI 78,5 dengan peningkatan 25,5. Sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS lebih tinggi dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran GI. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung (1,190) < ttabel (1,671) dan nilai Sig 0,239 > 0,05 serta ditunjukkan dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis menggunakan model TSTS 82,451 dengan peningkatan 21,193 dan kemampuan berpikir kritis menggunakan model GI 77,5 dengan peningkatan 20,3. Kata kunci: berpikir kritis, hasil belajar, model pembelajaran GI dan TSTS
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 4557153 . Digilib |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 03:55 |
Terakhir diubah: | 07 Apr 2015 03:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8005 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |