STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Leni Widiawati, 1113031044 (2015) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 TULANG BAWANG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (182Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (326Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (379Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (559Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (70Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dengan GI terhadap hasil belajar IPS Terpadu dan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tulang Bawang Tengah pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TSTS sedangkan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran GI. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS lebih tinggi dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran GI. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung (0,564) < ttabel (1,671) dan nilai Sig 0,575 > 0,05 serta ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar menggunakan model TSTS 80,322 dengan peningkatan 27,903 dan model GI 78,5 dengan peningkatan 25,5. Sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS lebih tinggi dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran GI. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai thitung (1,190) < ttabel (1,671) dan nilai Sig 0,239 > 0,05 serta ditunjukkan dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis menggunakan model TSTS 82,451 dengan peningkatan 21,193 dan kemampuan berpikir kritis menggunakan model GI 77,5 dengan peningkatan 20,3. Kata kunci: berpikir kritis, hasil belajar, model pembelajaran GI dan TSTS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 4557153 . Digilib
Date Deposited: 07 Apr 2015 03:55
Terakhir diubah: 07 Apr 2015 03:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8005

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir