PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 ABUNG PEKURUN

Putu Mariyanto, 0913033090 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 ABUNG PEKURUN. FAKULTAS KRGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (387Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (442Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (192Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran hanya mendengarkan guru menjelaskan materi pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Dengan demikian diperlukan suatu alternatif pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif siswa dengan mengkondisikan siswa sebagai subjek belajar. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Keunggulan dari model pembelajaran ini adalah siswa lebih siap melakukan proses pembelajran karena siswa diberikan kesempatan untuk membaca materi sebelum pembelajaran di mulai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap aktivitas visual dan hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Abung Pekurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap aktivitas visual dan hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Abung Pekurun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Abung Pekurun tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 193 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling dengan cara di undi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis uji U (Mann Whitney) diperoleh nilai sig.0,00 < 0,05. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan mengunakan model pembelajaran talking stick terhadap aktifitas visual siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Abung Pekurun. Dan analisis uji t memperoleh nilai probabilitas 0,003 < 0,05. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan mengunakan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Abung Pekurun.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 8459400 . Digilib
Date Deposited: 08 Apr 2015 06:15
Terakhir diubah: 08 Apr 2015 06:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8052

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir