PENGARUH e-LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PhET PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

I Made, Aditya (2024) PENGARUH e-LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PhET PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_I Made Aditya-1863022001.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_I Made Aditya_1863022001.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2110Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Bab Pembahasan_I Made Aditya-1863022001.pdf

Download (1701Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis model problem based learning berbantuan PhET pada materi pemanasan global terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seputih Raman semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel penelitian peserta didik kelas X2 dan X4. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design, dengan variabel bebas (e-LKPD berbantuan PhET), variabel terikat (keterampilan berpikir kritis), dan variabel moderator (model PBL). Berdasarkan hasil uji penelitian yang telah diakukan, diketahui bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan e-LKPD berbasis model pembelajaran problem based learning berbantuan PhET pada materi pemanasan global terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hal ini ditandai dengan hasil uji n-gain total yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,498 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,299 dengan kategori rendah. Hasil uji n-gain indikator involve basic clarificatio, the bases for decision, inference, advanced clarification, supposition and integration pada kelas eksperimen juga mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan perbedaan yang cukup signifikan, selain itu hasil dari uji Effect Size memperoleh skor 1,78 dengan interpretasi sangat tinggi sehingga penggunaan e- LKPD berbasis model problem based learning berbantuan PhET pada kelas eksperimen lebih efektif daripada LKPD konvensional berbantuan video pada kelas kontrol. Kata Kunci : e-lkpd, keterampilan berpikir kritis, Problem based learning, phet.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2308720049 . Digilib
Date Deposited: 11 Dec 2024 04:12
Terakhir diubah: 11 Dec 2024 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80563

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir