ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL DAN EFISIENSI PEMASARAN LADA DI KECAMATAN GUNUNG LABUHAN KABUPATEN WAY KANAN

Ade Lia Delita, 1014023030 (2015) ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL DAN EFISIENSI PEMASARAN LADA DI KECAMATAN GUNUNG LABUHAN KABUPATEN WAY KANAN. Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (632Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (616Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (135Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (390Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (434Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (157Kb) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (445Kb)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL DAN EFISIENSI PEMASARAN LADA DI KECAMATAN GUNUNG LABUHAN KABUPATEN WAY KANAN Oleh ADE LIA DELITA Penelitian ini bertujuan untuk menetahui: (1) kelayakan finansial usahatani lada dan (2) efisiensi pemasaran lada. Penelitian ini dilakukan pada dua sentra produksi lada, yaitu Desa Gunung Labuhan dan Desa Bengkulu Tengah, Kabupaten Way Kanan. Responden terdiri dari lima puluh petani lada yang dipilih secara acak dengan teknik acak distratifikasikan dan enam pedagang lada yang ditentukan dengan teknik bola salju. Tujuan pertama dianalisis menggunakan kriteria investasi dan sensitivitas. Tujuan kedua dianalisis menggunakan marjin pemasaran, korelasi harga dan elastisitas transmisi harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan nilai kriteria investasi menunjukkan bahwa usahatani lada layak untuk diusahakan dan setelah diuji laju kepekaan (sensitivitas) terhadap perubahan-perubahan yang terjadi yaitu kenaikan biaya produksi sebesar 8,38 %, penurunan jumlah produksi sebesar 30%, dan penurunan harga jual sebesar 13 % usahatani lada masih layak untuk diusahakan (2) struktur pasar adalah pasar oligopsoni dimana penjual lebih banyak dibandingkan dengan pembeli, nilai koefisien korelasi harga lada adalah 0,47 yang berarti pasar lada tidak bersaing sempurna dan nilai elastisitas transmisi harga yang diperoleh adalah 1,74 maka laju perubahan harga di tingkat konsumen lebih besar dibanding laju perubahan harga di tingkat produsen. Kata kunci : finansial, kelayakan, lada, pemasaran ABSTRACT FINANCIAL FEASABILITY AND MARKETING EFFICIENCY ANALYSIS OF PEPPER FARMING IN GUNUNG LABUHAN SUBDISTRICT OF WAY KANAN REGENCY By ADE LIA DELITA The research aims to find out: financial feasibility of pepper farming and marketing efficiency of pepper. This research was conducted in two pepper production centers, Gunung Labuhan Village and Bengkulu Tengah Village, Gunung Labuhan Subdistrict of Way Kanan Regency. Respondents consisted of fifty pepper farmers selected randomly by using stratified random sampling and six pepper traders determined by using snowball sampling. The first goal was analyzed using investment criteria and sensitivity rate. The second goal was analyzed using marketing margins, price correlations, and price transmission elasticity. The results showed that pepper farming is worth to attempt based on the value of investment criteria and the sensitivity rate analysis against changes that may occur. The changes were the production cost increase of 8.38 % the production quantity decrease of 30%, and the production price decrease of 13 %. The market structure was oligopsonistic market with the price correlation coefficient value of 0.47, which means pepper market is not perfectly competitive, and price transmission elasticity value of 1.74, which means the rate of change in consumer prices is greater than the rate of change in producer prices . Key words : feasibility, financial, marketing, pepper

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek:
> Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Depositing User: 1666583 . Digilib
Date Deposited: 15 Apr 2015 03:52
Last Modified: 15 Apr 2015 03:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8057

Actions (login required)

View Item View Item