Anisa Auliya , Sapitri (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (406Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2943Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2047Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran flipped classroom pada materi kesetimbangan kimia untuk meningkatkan keteram-pilan mengkomunikasikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah quasi experiment dengan desain pretest-postest control group design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Gedong Tataan yang memilih mata pelajaran kimia Tahun Ajaran 2023/2024 yang ber-jumlah 227 peserta didik dan tersebar dalam 7 kelas yaitu XI.5 sampai dengan XI.11. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI.5 sebagai kelas kontrol berjumlah 33 peserta didik dan kelas XI.6 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan mengkomunikasikan peserta didik pada kelas eksperimen berkriteria sedang yaitu sebesar 0,67 sedangkan pada kelas kontrol berkriteria rendah yaitu sebesar 0,31. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbeda-an yang signifikan antara rata-rata n-gain keterampilan mengkomunikasikan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan rata-rata n-gain keterampilan mengkomunikasikan pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Hal ini menunjukkan bahwa model pem-belajaran flipped classroom pada materi kesetimbangan kimia secara signifikan efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan peserta didik. Kata kunci: efektivitas, kesetimbangan kimia, keterampilan mengkomunikasikan, model pembelajaran flipped classroom
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308388307 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 05:29 |
Terakhir diubah: | 16 Dec 2024 05:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80725 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |