Marmono, SUKAMTO (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA REALIA PADA SISWA DI KELAS V SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011 SD NEGERI 3 BULUKARTO KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Mengesahkan.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar isi.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (35Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (118Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lampiran.pdf - Published Version Download (210Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (140Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan data awal yang telah dikumpulkan oleh peneliti tentang prestasi belajar matematika di kelas V SDN 3 Bulukarto menunjukkan lebih dari 50% dari 33 siswa yang belum tuntas dalam belajar matematika. Kondisi ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Maka perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan penggunaan alat peraga yang dikolaborasi dengan variasi metode dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui penggunaan alat peraga realia di kelas V semester genap tahun pelajaran 2010/2011 SD Negeri 3 Bulukarto Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Data ini adalah tentang prestasi belajar siswa setelah diberi tindakan dalam bentuk metode penggunaan alat peraga realia. Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan cara observasi dan tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga realia dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan siswa pada tiap siklus yang semakin meningkat, dari sebelum dilakukan penelitian ini. Data sebelum dilakukan penelitian prestasi belajar siswa hanya 50% saja, pada siklus I meningkat menjadi 70% dan pada siklus II menjadi 85,7%. Kata kunci: prestasi belajar, alat peraga.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 29 Jan 2014 04:10 |
Terakhir diubah: | 29 Jan 2014 04:10 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/808 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |