Kemampuan Menulis Teks Ulasan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Menggunakan Media YouTube

Nindy, Destiana (2024) Kemampuan Menulis Teks Ulasan Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Menggunakan Media YouTube. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (253Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1021Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (807Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang diteliti adalah kemampuan menulis teks ulasan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks ulasan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung dengan memanfaatkan YouTube sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah struktur dan kaidah kebahasaan teks ulasan dan sumber data penelitian ini adalah teks ulasan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yang dilakukan di kelas VIII D pada tahun ajaran 2023/2024 menunjukkan kemampuan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung dalam menulis teks ulasan berdasarkan struktur teks ulasan memperoleh kategori baik dengan persentase 75%. Kemudian, hasil penilaian dibagi berdasarkan struktur teks ulasan, yaitu struktur identitas karya yang memperoleh kategori baik sekali dengan persentase 100%, struktur orientasi memperoleh kategori kurang dengan persentase 46%, struktur sinopsis memperoleh kategori baik sekali dengan persentase 88%, struktur analisis memperoleh kategori kurang dengan persentase 50%, dan struktur evaluasi memperoleh kategori baik sekali dengan persentase 92%. Sementara itu, hasil penelitian pada kaidah kebahasaan teks ulasan memperoleh kategori kurang dengan persentase 53%. Kemudian, hasil penilaian dibagi berdasarkan kaidah kebahasaan teks ulasan, yaitu konjungsi penerangan memperoleh kategori kurang dengan persentase 48%, konjungsi temporal memperoleh kategori cukup dengan persentase 74%, konjungsi penyebab memperoleh kategori cukup dengan persentase 71%, dan konjungsi saran atau rekomendasi memperoleh kategori kurang sekali dengan persentase 14%.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa
400 Bahasa > 410 Linguistik
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2308493666 . Digilib
Date Deposited: 18 Dec 2024 08:46
Terakhir diubah: 18 Dec 2024 08:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80823

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir