MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS IV B SDN 1 NATAR

Supardi, SULASTERI (2011) MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS IV B SDN 1 NATAR. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Sampul.pdf - Published Version

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak 24-7-11.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Halaman Pengesahan & Persetujuan.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi & Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II Kajian Pustaka.pdf - Published Version

Download (144Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III Metodelogi Penelitian.pdf - Published Version

Download (24Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (293Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka & Lampiran (Recovered).pdf - Published Version

Download (202Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (1263Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa yang masih rendah dalam pembelajaran matematika di kelas IV B SDN 1 Natar. Pemecahan masalah rendahnya partisipasi siswa di kelas IV B SDN 1 Natar adalah dengan penerapan tutor sebaya. Setelah diterapkan metode tutor sebaya, partisipasi siswa di kelas IV B SDN 1 Natar dalam pembelajaran matematika tampak mengalami peningkatan. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus terhadap 39 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi oleh guru dan analisis data dilakukan secara diskriptif dengan persentase. Tingkat partisipasi siswa dinyatakan dengan kategori tinggi, sedang atau rendah, sedangkan tingkat keberhasilan tutor sebaya dinyatakan dengan berhasil, kurang berhasil atau tidak berhasil. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1. Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran tinggi karena telah mencapai kriteria yang ditetapkan, yakni 100%. 2. Frekwensi siswa yang bertanya tinggi, karena keberhasilan mencapai 72% sedang kriteria yang ditetapkan 70%. 3. Siswa yang mampu mengajukan pendapat sedang, meskipun belum memenuhi kriteria tetapi dari segi kuantitas mengalami peningkatan. 4. Siswa yang mampu menjawab pertanyaan tinggi. Karena melampaui kriteria yang ditetapkan yakni 82% dari kreteria 80%. 5. Kinerja kelompok tinggi, karena sangat kompak dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. 6. Prestasi belajar siswa tinggi, karena melampaui kriteria yang ditetapkan yakni 92 % dari kriteria 90 % siswa yang mencapai KKM. Kata kunci : Belajar, Pembelajaran, Matematika, Metode Tutor Sebaya

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 29 Jan 2014 04:17
Terakhir diubah: 29 Jan 2014 04:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/809

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir