PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR ENSIKLOPEDIA “IDENTITAS NASIONAL” TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 9 METRO

Bernilia , Febrianti (2024) PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR ENSIKLOPEDIA “IDENTITAS NASIONAL” TERHADAP PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 9 METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1569Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1345Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah guna mengetahui pengaruh Penggunaan Sumber Belajar Ensiklopedia “Identitas Nasional” Terhadap Pemahaman Peserta Didik Di SMP Negeri 9 Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperimen dengan penedekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 9 Metro. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah 31 peserta didik dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan menggunakan tes, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil perhitungan uji Independent Samples Test yang digunakan dalam penelitian ini dihasilkan bahwa terdapat pengaruh adanya penggunaan sumber belajar ensiklopedia “identitas nasional” terhadap pemahaman peserta didik kelas VII di SMP Negeri 9 Metro dan berdasarkan uji N-Gain Score mempunyai efektifitas sebesar 52% Peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan sumber belajar ensiklopedia “identitas nasional” memiliki pemahaman yang lebih meningkat dalam pembelajaran di kelas. Peserta didik lebih antusias, tertarik dan memiliki perhatian yang lebih untuk membaca,mempelajari, memahami, serta memiliki keinginan untuk mempunyai buku ensiklopedia tersebut. Kata Kunci: Sumber Belajar, Ensiklopedia, Identitas Nasional, Pemahaman

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2308032720 . Digilib
Date Deposited: 20 Dec 2024 07:55
Terakhir diubah: 20 Dec 2024 07:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/80960

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir