MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS I SD NEGERI 2 GUNUNGTERANG BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Salim, SUMAINI (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS I SD NEGERI 2 GUNUNGTERANG BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Cover.pdf - Published Version

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (382Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (210Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (235Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (601Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Hewan Tumbuhan, Kesehatan, dan Lingkungan pada siswa kelas I SD Negeri 2 Gunungterang. Penelitian tindak kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Pada tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Pada masing-masing siklus terdiri dari empat tahap tindakan, yaitu: perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Pada setiap akhir siklus dilakukan tes hasil belajar dengan soal isian singkat sebanyak 10 soal. Hasil tes tersebut kemudian dihitung untuk menentukan pencapaian KKM. Data hasil belajar diperoleh dengan mencari rata-rata, lalu dipersentasekan untuk penentuan pencapaian KKM oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan media gambar. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia meningkat 59,07 dengan ketuntasan 55,5%. Pada siklus II rata-rata nilai siswa 60,74 dengan ketuntasan 66,6%, Siklus III, rata-rata prestasi siswa menjadi 62,96 dengan ketuntasan 85,1%. Pada pelajaran Matematika di siklus I dengan nilai rata-rata 60,74 dan ketuntasan 59,2%, siklus II dengan rata-rata mencapai 61 dan ketuntasan 66,6%, siklus III nilai rata-rata mencapai 63,55 dan ketuntasan 88,8%. Pada pelajaran IPA, siklus I dengan nilai rata-rata 60,33 dan ketuntasan 51,8%, siklus II dengan rata-rata mencapai 61 dan ketuntasan 62,9%, siklus III dengan rata-rata mencapai 63,55 dan ketuntasan 85,1% dari jumlah siswa. Aktivitas siswa mengalami peningkatan rata-rata nilai, pada siklus I 23, siklus II 25 dan siklus III menjadi 28,5. Aktivitas guru pada siklus I adalah 24,5, siklus II 27,5 dan pada siklus III mencapai 29. Berdasarkan hal tersebut, maka dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas I SDN 2 Gunungterang pada pembelajaran Tematik Hewan dan Tumbuhan, Kesehatan, serta Lingkungan meningkat dengan penggunaan media gambar. Kata kunci: Hasil belajar, pembelajaran Tematik, dan media gambar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 29 Jan 2014 04:26
Terakhir diubah: 29 Jan 2014 04:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir