PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I RAJABASA BANDAR LAMPUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011 DENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR

Nurhasan, SUMIATI (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I RAJABASA BANDAR LAMPUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011 DENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
CAVER i satunya.pdf - Published Version

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
mengesahkan.pdf - Published Version

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf - Published Version

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf - Published Version

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III.pdf - Published Version

Download (134Kb) | Preview
[img] Text
bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24Kb)
[img]
Preview
Text
bab V.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftarpustaka.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img] Archive
Lampiran.zip - Published Version

Download (50Mb)

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V SD Negeri I Rajabasa Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung, guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga kurang mampu merangsang siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang belum sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V SD Negeri I Rajabasa Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung pada semester satu tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan proses kajian berdaur yang terdiri dari empat tahap. Prosedur penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK), yang langkah-langkahnya (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, karena media gambar tersebut dapat mendorong siswa berfikir kritis dan menyumbangkan buah pikirannya untuk memecahkan masalah bersama. Media ini relevan dengan materi pembelajaran yang diberikan dan dapat meningkatkan kecakapan individu maupun kelompok dalam memecahkan masalah. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar, serta evaluasi belajar siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%). Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V SD Negeri I Rajabasa Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat melibatkan siswa secara aktif dan kreatif. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa antara siklus I dan siklus II persentase rata-ratanya meningkat dari 50% menjadi 100% dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I yaitu 75,35% menjadi 84,95% pada siklus II

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 29 Jan 2014 04:29
Last Modified: 29 Jan 2014 04:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item View Item