Nurhasan, SUMIATI (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I RAJABASA BANDAR LAMPUNG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011 DENGAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
CAVER i satunya.pdf - Published Version Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
mengesahkan.pdf - Published Version Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf - Published Version Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab II.pdf - Published Version Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab III.pdf - Published Version Download (134Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (24Kb) |
||
|
File PDF
bab V.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftarpustaka.pdf - Published Version Download (6Kb) | Preview |
|
Archive
Lampiran.zip - Published Version Download (50Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V SD Negeri I Rajabasa Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung, guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga kurang mampu merangsang siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran, hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang belum sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V SD Negeri I Rajabasa Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung pada semester satu tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan proses kajian berdaur yang terdiri dari empat tahap. Prosedur penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK), yang langkah-langkahnya (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, karena media gambar tersebut dapat mendorong siswa berfikir kritis dan menyumbangkan buah pikirannya untuk memecahkan masalah bersama. Media ini relevan dengan materi pembelajaran yang diberikan dan dapat meningkatkan kecakapan individu maupun kelompok dalam memecahkan masalah. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar, serta evaluasi belajar siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%). Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas V SD Negeri I Rajabasa Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat melibatkan siswa secara aktif dan kreatif. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa antara siklus I dan siklus II persentase rata-ratanya meningkat dari 50% menjadi 100% dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I yaitu 75,35% menjadi 84,95% pada siklus II
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 29 Jan 2014 04:29 |
Terakhir diubah: | 29 Jan 2014 04:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/812 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |