DEWI , NURHANIFAH (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak - 15_Dewi Nurhanifah_7A.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
File PDF
Skripsi Bab 1-5 - 15_Dewi Nurhanifah_7A.pdf Restricted to Hanya staf Download (919Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Bab Tanpa Pembahasan - 15_Dewi Nurhanifah_7A.pdf Download (724Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang mendapat kesulitan dalam menyelesaikan soal materi perkalian dan pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian di SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik, pendidik, kepala sekolah SD N 3 Panca Tungal, sedangkan informan penelitian ini adalah pendidik kelas III SD N 3 Panca Tunggal. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami peserta didik kelas III dalam menyelesaikan soal perkalian dan pembagian, meliputi 1) kesulitan dalam memahami soal cerita, 2) kesulitan dalam memahami konsep perkalian dan pembagian, 3) kesulitan dalam menentukan operasi hitung. Adapun upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam mengatasi kesulitan peserta didik tersebut adalah 1) latihan mengerjakan soal cerita secara berulang, 2) membuat soal dengan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik, 3) dan melakukan pendekatan sendiri dengan peserta didik yang mengalami kesulitan. Kata Kunci: kesulitan, pembelajaran matematika, perkalian dan pembagian The problem in this research is that there are still many students who have difficulty solving multiplication and division material questions. This research aims to analyze students' learning difficulties in learning mathematics, multiplication and division material in elementary school. This type of research is qualitative research. The research subjects were students, educators, the principal of SD N 3 Panca Tunggal, while the informants for this research were class III educators at SD N 3 Panca Tunggal. Data collection techniques are interviews, observation and documentation. The results of the research show that the difficulties experienced by class III students in solving multiplication and division problems, include 1) difficulty in understanding word problems, 2) difficulty in understanding the concepts of multiplication and division, 3) difficulty in determining arithmetic operations. The efforts made by educators to overcome students' difficulties are 1) practicing doing story questions repeatedly, 2) making questions in language that is easy for students to understand, 3) and taking their own approach with students who experience difficulties. Keyword: difficulty, mathematics learning, multiplication and divisio
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 03:38 |
Terakhir diubah: | 23 Jan 2025 03:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81352 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |