PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (STUDI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SUKADANA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2023/2024)

ZAHRA , SABANA (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (STUDI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SUKADANA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2023/2024). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukadana Lampung Timur berjumlah 129 siswa yang terdistribusi ke dalam empat kelas yaitu XI IPA 1 sampai XI IPA 4. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 sebanyak 34 siswa dan XI IPA 4 sebanyak 33 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group desain dengan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dengan persentase pencapaian indikator representasi simbol sebesar 52%, representasi visual sebesar 35%, dan representasi verbal sebesar 45%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2308828847 . Digilib
Date Deposited: 24 Jan 2025 01:15
Terakhir diubah: 24 Jan 2025 01:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81370

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir