TANTRI, (2024) PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Tantri.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Tantri.pdf Restricted to Hanya staf Download (1086Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Tantri.pdf Download (967Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah kepercayaan diri siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing dalam meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas VII di SMPN 6 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah Pre-Exsperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri. Subjek penelitian berjumlah 15 siswa yang mengalami kepercayaa diri dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Pengolahan data menggunakan metode statistik nonparametrik Uji Wilcoxon. Hasil analisis data menunjukan terjadi peningkatan kepercayaan diri pada siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing, ditunjukan hasil Zhitung = -3,410 < Ztabel = 1,65 pada taraf signifikan 5% yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah terdapat peningkatan kepercayaan diri pada siswa setelah diberikannya layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada siswa kelas VII di SMPN 6 Bandar Lampung. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Kepercayaan Diri The problem of this research is low student confidence. The purpose of this study is to determine the use of role playing technique group guidance services in increasing confidence in grade VII students at SMPN 6 Bandar Lampung. The method used is Pre-Experiment with a one-group pretest-posttest design. Data collection uses a confidence scale. The research subjects were 15 students who experienced high self-confidence, medium, and low. Data processing uses the nonparametric statistical method of the Wilcoxon Test. The results of the data analysis showed that there was an increase in confidence in students after being given the guidance service of the role playing technique group, it was shown that the results of Zhitung = -3.410 < Ztabel = 1.65 at a significant level of 5% which means that H0 was rejected and Ha was accepted. The conclusion of the study is that there is an increase in confidence in students after the provision of role playing technique group guidance services in grade VII students at SMPN 6 Bandar Lampung. Keywords: Group Guidance, Role Playing Techniques, Confidence
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 08:05 |
Terakhir diubah: | 24 Jan 2025 08:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81481 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |