ANALISIS NILAI-NILAI FEMINISME DENGAN ALIRAN EKSISTENSIALIS PADA TOKOH-TOKOH DALAM FILM NGERI- NGERI SEDAP KARYA BENE DION RAJAGUKGUK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

NABILA, AZZAHRA KHAMDO (2024) ANALISIS NILAI-NILAI FEMINISME DENGAN ALIRAN EKSISTENSIALIS PADA TOKOH-TOKOH DALAM FILM NGERI- NGERI SEDAP KARYA BENE DION RAJAGUKGUK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Nabila Azzahra Khamdo 2013041001 - Nabila Azzahra Khamdo.pdf

Download (296Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Nabila Azzahra Khamdo 2013041001 - Nabila Azzahra Khamdo.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (968Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi tanpa Pembahasan Nabila Azzahra Khamdo 2013041001 - Nabila Azzahra Khamdo.pdf

Download (925Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Fokus pada penelitian ini adalah memahami nilai-nilai feminisme dengan aliran eksistensialis pada film Ngeri-Ngeri Sedap karya Bene Dion Rajagukguk dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami nilai-nilai feminisme pada tokoh-tokoh yang ada di dalam dialog film Ngeri-Ngeri Sedap dan hasilnya akan diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu film Ngeri-Ngeri Sedap karya Bene Dion Rajagukguk dan data penelitian ini nilai-nilai feminisme pada dialog tokoh-tokoh dalam film tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup tiga teknik, teknik simak dasar; dokumentasi, simak bebas cakap, dan catat. Hasil dari penelitian ditemukan 37 data dengan nilai-nilai feminisme aliran eksistensialis dalam dialog tokoh-tokoh pada film Ngeri-Ngeri Sedap karya Bene Dion Rajagukguk. Dari data tersebut berjumlah 12 data Kontrol atas Gerak Perempuan, 9 data Kontrol atas Hak Berpendapat, dan 16 data Kontrol atau Gangguan terhadap Keadaan Sosial yang ditemukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Nilai-nilai feminisme kemudian akan diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI pada materi ―Mengembangkan Apresiasi Drama Bertema Pendidikan‖ dengan Capaian Pembelajaran fase F. Kata Kunci: Feminisme, Film, Pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 30 Jan 2025 04:16
Terakhir diubah: 30 Jan 2025 04:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81643

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir