NABILA, AZZAHRA KHAMDO (2024) ANALISIS NILAI-NILAI FEMINISME DENGAN ALIRAN EKSISTENSIALIS PADA TOKOH-TOKOH DALAM FILM NGERI- NGERI SEDAP KARYA BENE DION RAJAGUKGUK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak Nabila Azzahra Khamdo 2013041001 - Nabila Azzahra Khamdo.pdf Download (296Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Skripsi Nabila Azzahra Khamdo 2013041001 - Nabila Azzahra Khamdo.pdf Restricted to Hanya staf Download (968Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Skripsi tanpa Pembahasan Nabila Azzahra Khamdo 2013041001 - Nabila Azzahra Khamdo.pdf Download (925Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Fokus pada penelitian ini adalah memahami nilai-nilai feminisme dengan aliran eksistensialis pada film Ngeri-Ngeri Sedap karya Bene Dion Rajagukguk dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami nilai-nilai feminisme pada tokoh-tokoh yang ada di dalam dialog film Ngeri-Ngeri Sedap dan hasilnya akan diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu film Ngeri-Ngeri Sedap karya Bene Dion Rajagukguk dan data penelitian ini nilai-nilai feminisme pada dialog tokoh-tokoh dalam film tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup tiga teknik, teknik simak dasar; dokumentasi, simak bebas cakap, dan catat. Hasil dari penelitian ditemukan 37 data dengan nilai-nilai feminisme aliran eksistensialis dalam dialog tokoh-tokoh pada film Ngeri-Ngeri Sedap karya Bene Dion Rajagukguk. Dari data tersebut berjumlah 12 data Kontrol atas Gerak Perempuan, 9 data Kontrol atas Hak Berpendapat, dan 16 data Kontrol atau Gangguan terhadap Keadaan Sosial yang ditemukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Nilai-nilai feminisme kemudian akan diimplikasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI pada materi ―Mengembangkan Apresiasi Drama Bertema Pendidikan‖ dengan Capaian Pembelajaran fase F. Kata Kunci: Feminisme, Film, Pembelajaran
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 04:16 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2025 04:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81643 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |