Wisnu, Rakai Wisesa (2024) LATAR BELAKANG PENGARANG DALAM PENCIPTAAN ANTOLOGI PUISI SETANGKUP ASA KARYA TITIN NURJANAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK-1 - Rakai Wisesa.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI FULL-1 - Rakai Wisesa.pdf Restricted to Hanya staf Download (675Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN-1 - Rakai Wisesa.pdf Download (532Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana latar belakang pengarang dalam penciptaan antologi puisi Setangkup Asa karya Titin Nurjanah dan relevansi latar belakang pengarang dalam penciptaan antologi puisi dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar belakang pengarang dalam penciptaan antologi puisi Setangkup Asa dan relevansinya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan antologi puisi Setangkup Asa karya Titin Nurjanah serta latar belakang pengarang. Data dalam penelitian ini berupa kalimat, frasa maupun klausa yang ada pada antologi puisi Setangkup Asa karya Titin Nurjanah, serta rekaman hasil wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Langkah-langkah yang peneliti gunakan yaitu, membaca antologi puisi, menyusun pertanyaan, melakukan wawancara, mengidentifikasian data sesuai permasalahan, serta mengelompokan data sesuai topic yang dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman hidup Titin Nurjanah, baik yang berasal dari lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat, memiliki peran signifikan dalam membentuk gaya penulisannya. Gaya penulisan tersebut kaya akan nilai-nilai ideologi, psikologi, dan sosiologi, yang secara mendalam mencerminkan keterkaitan antara pengarang, karya, dan masyarakat. Selain itu, hasil analisis latar belakang pengarang, Titin Nurjanah, memperlihatkan adanya relevansi yang kuat dengan beberapa dimensi dari Profil Pelajar Pancasila yang diusung dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Relevansi ini menunjukan bagaimana latar belakang dan pengalaman hidup pengarang dapat memengaruhi karya sastra yang dihasilkan, serta bagaimana karya tersebut sejalan dengan nilai-nilai yang ingin dibentuk melalui pendidikan di Indonesia. Kata kunci: latar belakang pengarang, antologi puisi, dan pembelajaran Bahasa Indonesia
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 07:49 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2025 07:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81671 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |