PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP CIVIC SKILL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 MARGA SEKAMPUNG

Erina, Juwita (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP CIVIC SKILL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 MARGA SEKAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1769Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1282Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Civic Skill peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Marga Sekampung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) berhasil meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, yang tercermin melalui intensitas diskusi dan kolaborasi antarkelompok, sehingga mendorong berkembangnya keterampilan sosial dan intelektual yang esensial dalam konteks kewarganegaraan. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dan keterampilan berpikir kritis yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Maka hasil penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Civic Skill peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Marga Sekampung dibandingkan dengan model pembelajaran langsung yang diterapkan pada kelas kontrol. Kata Kunci: Civic Skill, Eksperimen, Kontrol, Model Pembelajaran, Team Games Tournament

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: Juwita Erina
Date Deposited: 31 Jan 2025 07:40
Terakhir diubah: 31 Jan 2025 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81725

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir