EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN SMART RISK-TAKING BEHAVIOR PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS

Elenna, Wardani (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SiMaYang DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN SMART RISK-TAKING BEHAVIOR PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (270Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Terusan Nunyai ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifitas model pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan smart risk-taking behavior pada materi garam menghidrolisis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Terusan Nunyai tahun ajaran 2024/2025 dengan sampel penelitian kelas XI.4 sebagai kelas eksperimen dan XI.11 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan dua rata-rata pada rata-rata n-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil effect size menunjukkan bahwa model pembelajaran SiMaYang memiliki pengaruh “besar” dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 91% sedangkan smart risk-taking behavior sebesar 90%. Kata kunci: garam menghidrolisis, keterampilan berpikir kritis, model pembelajaran SiMaYang, smart risk-taking behavior

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308207552 . Digilib
Date Deposited: 31 Jan 2025 08:01
Terakhir diubah: 31 Jan 2025 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81732

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir