Jenika, Kusuma Anggraini (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1.ABSTRAK.pdf Download (290Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3671Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (3271Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self efficacy pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas XI.12 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1.11 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji effect size terhadap kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa. Hasil uji menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan berpikir kritis dan self efficacy siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata n-Gain kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,73 dengan kriteria “tinggi” sedangkan kelas kontrol yaitu sebesar 0,60 dengan kriteria “sedang”. Kemudian rata-rata n-Gain self efficacy pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,60 dengan kriteria “sedang” dan kelas kontrol yaitu sebesar 0,33 dengan kriteria “sedang”. Ukuran pengaruh model pembelajaran discovery learning dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasil uji ini menunjukkan bahwa 94% tingginya kemampuan berpikir kritis dan 97%tingginya self efficacy siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran discovery learning dengan kriteria besar. Kata kunci: discovery learning, kemampuan berpikir kritis, self efficacy, asam basa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308739934 . Digilib |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 08:18 |
Terakhir diubah: | 31 Jan 2025 08:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81736 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |