Elsa Pramudya , Wardani (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROYEK PENJERNIHAN AIR SUMUR BERWARNA KUNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1659Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis proyek penjernihan air sumur berwarna kuning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Metode penelitian menggunakan R&D yang mengacu pada model pengembangan 4-D yang disarankan oleh Thiagarajan. Subyek pada tahap define adalah 13 guru dan 176 siswa dari 7 sekolah berbeda di Bandar Lampung. Subjek pada tahap develop adalah e-LKPD berbasis proyek, dan subjek pada tahap implementasi yaitu siswa kelas VIII F SMP Negeri 32 Bandar Lampung sebanyak 34 siswa dan satu orang guru. Pada tahap define, metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran dengan explanatory sequential design di mana data dikumpulkan melalui angket, kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Pada tahap develop teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas untuk menganalisis kevalidan dari instrumen soal tes berpikir kritis yang digunakan. Lalu pada tahap implementasi, data hasil pretest/posttest siswa dianalisis dengan menghitung n-gain dan effect size, dan dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test. Produk ini dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi ahli, baik dari aspek kesesuaian isi dan aspek kesesuaian konstruksi dengan kriteria sangat tinggi. Produk ini juga dinyatakan praktis untuk digunakan di dalam pembelajaran berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-LKPD yang dikembangkan dan dari respon siswa dengan kriteria sangat tinggi. Produk ini dinyatakan efektif dilihat dari perolehan rata-rata n-gain yang berkategori sedang sebesar 0,62 dan effect size yang berkategori tinggi sebesar 4,52, serta mengalami peningkatan yang signifikan di semua indikator berpikir kritis. Kata kunci: e-LKPD berbasis proyek, penjernihan air sumur berwarna kuning, keterampilan berpikir kritis ABSTRACT This study aims to develop electronic students’ worksheets based on purifying yellow well water projects to improve junior high school students’ critical thinking skills. The research method uses R&D which refers to the 4-D development model suggested by Thiagarajan. The subjects in the define stage were 13 teachers and 176 students from 7 different schools in Bandar Lampung. The subjects in the develop stage were project-based electronic students’ worksheet, and the subjects in the implementation stage were 34 students of class VIII F of SMP Negeri 32 Bandar Lampung and one teacher. In the define stage, the research method used was a mixed method with explanatory sequential design where data was collected through a questionnaire, then analyzed using descriptive analysis. In the develop stage, the data analysis techniques used were validity testing and reliability testing to analyze the validity of the critical thinking test instrument used. Then in the implementation stage, the data from the students' pretest/posttest results were analyzed by calculating the n-gain and effect size, and hypothesis testing was carried out using the paired sample t-test. This product was declared valid based on the results of expert validation, both in terms of content suitability and construction suitability with very high criteria. This product was also declared practical for use in learning based on the results of observations of the implementation of learning using the developed electronic students’ worksheet and from student responses with very high criteria. This product is declared effective as seen from the average n-gain obtained in the medium category of 0.62 and the effect size in the high category of 4.52, and experienced a significant increase in all critical thinking indicators. Keywords: electronic students’ worksheets based projects, purifying yellow well water, critical thinking skills
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA |
Pengguna Deposit: | 2308440627 . Digilib |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 09:20 |
Terakhir diubah: | 31 Jan 2025 09:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81762 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |