EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS

Ega, Dwi Anggraini (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2613Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1201Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi garam menghidrolisis. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII 1 sampai XII 8 SMAN 1 Natar Tahun Ajaran 2023/2024 dengan sampel penelitian kelas XII 7 sebagai kelas kontrol dan kelas XII 8 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Desain pada penelitian ini menggunakan the matching-only pretest-posttest control group design. Pengujian hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu Mann-Withney U dan uji perbedaan dua rata-rata yaitu menggunakan uji Independent Samples T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kritiskelas kontrol. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan adanya perbedaan rata-rata n-Gain yang berbeda secara signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci: discovery learning, garam menghidrolisis, keterampilan berpikir kritis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308304223 . Digilib
Date Deposited: 31 Jan 2025 21:59
Terakhir diubah: 31 Jan 2025 21:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81780

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir