Efektivitas Pembelajaran Discovery Berbasis Simulasi Dinamika Molekul untuk Meningkatkan Kemampuan Interpretasi Makna Siswa pada Materi Laju Reaksi

Erviantina , H (2024) Efektivitas Pembelajaran Discovery Berbasis Simulasi Dinamika Molekul untuk Meningkatkan Kemampuan Interpretasi Makna Siswa pada Materi Laju Reaksi. Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Lampung .

[img]
Preview
File PDF
1. abstrak.pdf

Download (226Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN .pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran discovery berbasis simulasi dinamika molekul untuk meningkatkan interpretasi makna rep-resentasi kimia siswa pada materi laju reaksi. Metode yang digunakan dalam pe-nelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peerta didik kelas XI SMA Perintis 2 Bandarlampung yang mengambil mata pelajaran kimia tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 432 siswa yang terbagi ke dalam 13 kelas. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI 5 sebagai kelas kontrol dan XI 11 sebagai kelas eksperimen yang diperoleh melalui Teknik cluster random sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran discovery berbasis simulasi dinamika molekul dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran dis-covery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-gain siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,70 yang berkategori sedang. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-gain kelas eksperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran discovery berbasis simulasi dinamika molekul efektif untuk meningkatkan kemampuan interpretasi makna representasi kimia siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308170146 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2025 23:22
Terakhir diubah: 02 Feb 2025 23:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81798

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir