PENGARUH E-WORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK

Vevy Anggraini, Anggraini (2024) PENGARUH E-WORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1_ABSTRAK.pdf

Download (248Kb) | Preview
[img] File PDF
2_SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2417Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3_SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2203Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh e-worksheet berbasis PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan efikasi diri peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Negeri Katon tahun ajaran 2023/2024 pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 87 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 58 peserta didik yang terdiri dari kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas eksperimen menggunakan e-worksheet berbasis PBL, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode diskusi. Data keterampilan berpikir kritis didapatkan dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji statistik Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen yang menggunakan e-worksheet berbasis PBL memperoleh rata-rata skor N-Gain sebesar 0,65 dengan kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor N-Gain sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Uji statistik Independent sample t-test terhadap skor N-Gain siswa menunjukkan hasil Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data efikasi diri didapatkan dari angket pada pertemuan awal dan pertemuan akhir. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen yang menggunakan e-worksheet berbasis PBL memperoleh rata-rata skor sebesar 73,47 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor sebesar 61,61 dengan kategori sedang. Data efikasi diri dianalisis secara deskriptif dengan mencocokkan perolehan rata-rata skor pada tabel kriteria. Rata-rata skor efikasi diri menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh skor lebih tinggi dari kelas kontrol. Dengan demikian penerapan e-worksheet berbasis PBL berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan efikasi diri peserta didik. Kata kunci: E-worksheet, PBL, Keterampilan Berpikir Kritis, Efikasi Diri

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308111732 . Digilib
Date Deposited: 03 Feb 2025 08:21
Terakhir diubah: 03 Feb 2025 08:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81846

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir