PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT INSAN MULIA KOTAGAJAH PADA PEMBELAJARAN IPAS

REGITA NURLIANA , SUKMA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SDIT INSAN MULIA KOTAGAJAH PADA PEMBELAJARAN IPAS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (205Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1352Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1127Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDIT Insan Mulia Kotagajah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Data yang digunakan adalah data kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 43 orang peserta didik, penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDIT Insan Mulia Kotagajah pada pembelajaran IPAS. Kata kunci: IPAS, kemampuan berpikir kritis, metode pembelajaran kooperatif tipe index card match The problem of this research was the low critical thinking ability of four grade students at SDIT Insan Mulia Kotagajah. This research aims to determine the effect of the index card match type cooperative learning method on critical thinking skills in science learning. This research method uses a quasiexperimental method with a research design, namely non-equivalent control group design. The data used is quantitative data. The research sample consisted of 43 students. The research sample was determined using a purposive sampling technique. Data collection techniques use test and non-test techniques in the form of observation sheets. Hypothesis testing uses simple linear regression with the results of the research show that there is an influence of the index card match type cooperative learning method on the critical thinking abilities of four grade students at SDIT Insan Mulia Kotagajah in science learning. Keywords: critical thinking skills, index card match type cooperative learning method, science

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308914755 . Digilib
Date Deposited: 03 Feb 2025 07:18
Terakhir diubah: 03 Feb 2025 07:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81850

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir