PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK

AHMAD , FAZRIANSYAH (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG MEKANIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - ahmad. fazriansyah205119.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full Tanpa Lampiran - ahmad. fazriansyah205119.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1904Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Full Tanpa Pembahasan - ahmad. fazriansyah205119.pdf

Download (1742Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gelombang mekanik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan bentuk non-equivalent control group design. Instrumen tes yang digunakan berupa 20 soal pilihan ganda dengan Cronbach’s alpha sebesar 0,870 dengan kategori sangat reliabel. Nilai rata-rata N- gain pada kelas ekseperimen sebesar 0,63 lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,48 dengan kategori sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen terjadi peningkatan yang lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dalam semua indikator. Serta, didukung dari data hasil uji hipotesis Independent simple T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 artinya bahwa ada perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik berbantuan LKPD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, LKPD, Pendekatan Saintifik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 03 Feb 2025 06:42
Terakhir diubah: 03 Feb 2025 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81871

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir