INDAH SUCI , CAHYANI (2024) ANALISIS PENGGUNAAN TULANGAN WIREMESH TERHADAP DEFORMASI PERKERASAN KAKU USIA DINI. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak_2015011076_Indah Suci Cahyani - Indah Suci.pdf Download (254Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Bab I - V_2015011076_Indah Suci Cahyani - Indah Suci.pdf Restricted to Hanya staf Download (1355Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Bab I - V (Tanpa Pembahasan)_2015011076_Indah Suci Cahyani - Indah Suci.pdf Download (1293Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Perkerasan kaku adalah suatu perkerasan jalan yang menggunakan beton sebagai bahan utamanya. Namun, karena material utamanya adalah beton maka pengaruh kembang-susut menjadi salah satu faktor kinerja. Apabila beton tidak mampu menahannya, ikatan menjadi putus sehingga mengurangi kekuatan dan stabilitas jalan serta mempengaruhi kualitas kenyamanan lalu lintas. Karenanya diperlukan perlakuan yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan beton dalam berdeformasif. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemasangan wiremesh terhadap deformasi beton pada perkerasan kaku saat usia dini. Variabel yang diteliti meliputi perkerasan kaku menggunakan wiremesh yang dipasang di sudut karena banyak kerusakan terjadi di bagian sudut. Uji yang dilakukan meliputi uji kuat tekan dan uji susut. Sampel uji kuat tekan berupa beton kubus dengan dimensi 15 cm × 15 cm × 15 cm sebanyak buah. iiuji pada umur 4 jam kemudian dianalisis menggunakan metode dixon. Sampel uji susut berupa perkerasan kaku berukuran 5 m × ,5 m × 0, m. Pengamatan pada uji susut dilakukan selama 4 jam dengan pembacaan setiap 15 menit. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kuat tekan beton pada umur 1 hari sebesar 1 ,6 MPa atau 48,45% dari kekuatan rencana mutu beton. Pemasangan tulangan wiremesh pada perkerasan kaku tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan pada 5 jam pertama. Namun, sejak 6 jam mulai terlihat perbedaan deformasi antara perkerasan kaku dengan dan perkerasan kaku tanpa wiremesh. Wiremesh mampu mengurangi susut rata-rata 10, 91%. ieformasi usia dini terutama disebabkan oleh reaksi kimia, dan menentukan deformasi selanjutnya. Kata kunci: Beton, ieformasi, Usia Awal, Perkerasan Kaku, Wiremesh Rigid pavement is a pavement that uses concrete as main material. However, since the main material is concrete, the influence of shrinkage is one of the performance factors. If the concrete is unable to withstand it, the bond is broken, which reduces the strength and stability of the road and affects the quality of traffic comfort. Therefore, appropriate treatment is needed to improve the deformability of concrete. This study aims to determine the effect of wiremesh installation on concrete deformation in early age rigid pavement. The variables studied include rigid pavement using wiremesh installed at corners because a lot of damage occurs at the corners. The tests carried out include compressive strength test and shrinkage test. The compressive strength test sample is a concrete cube with dimensions of 15 cm × 15 cm × 15 cm as many as 3 pieces. Tested at the age of 24 hours and then analyzed using the Dixon method. The shrinkage test sample was a rigid pavement measuring 5 m × 4.5 m × 0.3 m. Observations on the shrinkage test were made for 24 hours with readings every 15 minutes. The results showed that the average compressive strength of concrete at the age of 1 day was 14.64 MPa or 28.25% of the strength of the concrete quality plan. The installation of wiremesh in rigid pavement did’nt show a significant effect in the first 5 hours. However, since 6 hours, the difference in deformation between rigid pavement with and rigid pavement without wiremesh began to be seen. Wiremesh was able to reduce shrinkage by an average of 10.91%. Early age deformation is mainly caused by chemical reactions, and determines subsequent deformation. Key words: Concrete, Deformation, Early Age, Rigid Pavement, Wiremesh
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan 700 Seni, seni rupa, kesenian > 720 Arsitektur |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 04:13 |
Terakhir diubah: | 04 Feb 2025 04:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81953 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |