PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS FISIKA PADA PESERTA DIDIK

Neo , Safitri (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS FISIKA PADA PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK Neo Safitri)
ABSTRAK NEO SAFITRI - Neo Safitri.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img] File PDF (FILE FULL Neo Safitri)
SKRIPSI FULL NEO SAFITRI FULL - Neo Safitri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2180Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (FILE TANPA BAB PEMBAHASAN Neo Safitri)
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN NEO SAFITRI - Neo Safitri.pdf

Download (1996Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen Assessment for Learning pada pembelajaran berbasis masalah untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa pada materi pemanasan global yang valid, reliabel, dan praktis untuk digunakan. Instrumen dikembangkan melalui penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan 4 langkah pengembangan yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974), yakni : (1) Define; (2) Design; (3) Develop; (4) Disseminate. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan dua guru untuk menilai aspek konstruksi sebesar 89,58%, substansi sebesar 86,25%, dan bahasa sebesar 81,25%. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen Assessment for Learning kemampuan literasi sains diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 85,69% dengan kategori sangat tinggi. Sehingga, instrumen Assessment for Learning ini layak digunakan. Kemudian, instrumen Assessment for Learning ini diujicobakan kepada 36 siswa dan selanjutnya dianalisis menggunakan model Rasch dengan berbantuan software Ministep 4.5.1. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh sebanyak 10 butir soal instrumen kemampuan literasi sains yang dinyatakan valid. Butir soal pada instrumen Assessment for Learning kemampuan literasi sains yang dinyatakan reliabel dengan nilai alpha Cronbach berturut-turut sebesar 1.00 dengan kategori bagus sekali. Uji kepraktisan instrumen Assessment for Learning ini memperoleh rata-rata skor sebesar 91,78% dengan kriteria sangat tinggi. Produk akhir Assessment for Learning pada pembelajaran berbasis masalah untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa pada fisika yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid, reliabel, dan praktis. Kata kunci: Instrumen Assessment for Learning, kemampuan literasi sains, pembelajaran berbasis masalah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 04 Feb 2025 07:37
Terakhir diubah: 04 Feb 2025 07:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/81990

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir