IMPLEMENTASI PBL BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK PADA TOPIK GLOBAL WARMING

INDAH SINA , TYAS (2024) IMPLEMENTASI PBL BERBASIS STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK PADA TOPIK GLOBAL WARMING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK INDAH SINA TYAS)
Abstrak - Indah Sina Tyas.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img] File PDF (FILE FULL INDAH SINA TYAS)
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - Indah Sina Tyas.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2743Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (FILE TANPA BAB PEMBAHASAN INDAH SINA TYAS)
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Indah Sina Tyas.pdf

Download (2597Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh PBL berbasis STEM dengan strategi design thinking untuk meningkatkan kemampuan Creative Problem Solving (CPS) peserta didik pada topik global warming. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Pringsewu, menggunakan penelitian eksperimen dengan desain Pretest- Posttest Control Group. Instrument yang digunakan adalah soal tes uraian. Pembelajaran menggunakan model PBL berbasis STEM dengan strategi design thinking mampu meningkatkan kemampuan CPS peserta didik, hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,44 dengan kategori sedang lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,24 dengan kategori rendah. Berdasarkan data tersebut menunjukan bahwa kemampuan CPS peserta didik mempunyai perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini didukung dengan data hasil uji Independent Sample T- Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi PBL berbasis STEM dengan strategi design thinking dapat meningkatkan kemampuan creative problem solving peserta didik pada topik global warming. Kata kunci : PBL, STEM, Design Thinking, kemampuan Creative Problem Solving (CPS)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 04 Feb 2025 08:01
Terakhir diubah: 04 Feb 2025 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82008

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir