Erna Wahyu , Septianna (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN AUTHENTIC ASSESSMENT UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF (ABSTRAK Erna Wahyu Septianna)
ABSTRAK_ERNA - Erna WS.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF (FILE FULL Erna Wahyu Septianna)
Skripsi Full_Tanpa Lampiran_Erna - Erna WS.pdf Restricted to Hanya staf Download (1735Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF (FILE TANPA BAB PEMBAHASAN Erna Wahyu Septianna)
Skripsi_Tanpa Pembahasan - Erna WS.pdf Download (1276Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Authentic Assessment kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi hukum newton tentang gerak berbasis problem based learning (PBL) yang valid, reliabel, dan praktis untuk digunakan. Penelitian pengembangan ini menggunakan 4 tahapan pengembangan yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974), yakni: (1) define; (2) design; (3) develop; (4) disseminate. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru untuk menilai aspek konstruksi, substansi, dan bahasa. Berdasarkan hasil validasi ahli instrumen observasi Authentic Assessment kemampuan berpikir kritis diperoleh sebesar 82,48% dalam kategori sangat valid. Kemudian untuk hasil validasi ahli dari instrumen presentasi Authentic Assessment kemampuan berpikir kritis diperoleh hasil sebesar 84,00% dengan kategori sangat valid. Oleh karena itu, instrumen penilaian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik ini diujicobakan kepada 35 peserta didik dan selanjutnya dianalisis menggunakan model Rasch dengan berbantuan software Ministep 5.4.1. Berdasarkan hasil analisis data uji coba diperoleh sebanyak 12 butir indikator pengamatan instrumen observasi dan 5 butir indikator pengamatan penilaian presentasi kemampuan berpikir kritis dinyatakan valid. Soal-soal pada instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis peserta didik dinyatakan reliabel dengan nilai Alpha Cronbach sebesar 0,81 dengan kategori bagus sekali untuk instrumen observasi dan 0,73 untuk instrumen penilaian presentasi dengan kategori cukup bagus. Uji kepraktisan instrumen penilaian ini memperoleh rata- rata skor sebesar 95,16% dengan kriteria sangat praktis. Produk akhir dari instrumen yang telah dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid, reliabel, dan praktis. Kata kunci: Authentic Assessment, Instrumen Penilaian, Kemampuan Berpikir Kritis, PBL.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 08:12 |
Terakhir diubah: | 04 Feb 2025 08:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82013 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |