HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI GUGUS MATAHARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

INDRIE TARISA , PUTRI (2024) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI GUGUS MATAHARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1478Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN (2).pdf

Download (1387Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS kelas IV SD Negeri Gugus Matahari Kecamatan Natar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar IPAS peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 166 orang peserta didik. Sampel yang digunakan berjumlah 116 peserta didik dengan menggunakan teknik sampling sistematis. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala likert yang valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar IPAS, dengan koefisien korelasi sebesar 0,526 berada pada taraf “sedang”. The problem in this research was the low science learning outcomes for grade IV at SD Negeri Gugus Matahari, Natar District. This research aims to determine the relationship between the learning environment and students' nature and social sciences outcomes. This type of research is quantitative, using ex-post facto correlation research methods. The population is 166 students. The sample used was 116 students using systematic sampling techniques. The data collection instrument is a valid and reliable Likert scale questionnaire. The research results show a positive and significant relationship between the learning environment and science learning outcomes, with a correlation coefficient of 0.526 at the "medium" level.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308784394 . Digilib
Date Deposited: 05 Feb 2025 01:43
Terakhir diubah: 05 Feb 2025 01:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82020

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir