PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Fendera, Gali Akbar (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak_Fendera Gali Akbar_2053053045 (1) - Fendra Gali Akbar.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_Fendera Gali Akbar_ 2053053045 - Fendra Gali Akbar.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3451Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi 1235_Fendera Gali Akbar_2053053045-digabungkan - Fendra Gali Akbar.pdf

Download (3236Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kreativitas belajar peserta didik kelas III di SD Negeri 11 Metro Pusat, hal ini ditandai pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik dan penggunaan buku sebagai sumber utama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL dan motivasi belajar terhadap kreativitas peserta didik di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan nonequivalen control group design. Populasi penelitian berjumlah 62 orang peserta didik dan sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model PBL dan motivasi belajar terhadap kreativitas peserta didik di sekolah dasar baik secara mandiri ataupun secara bersama-sama. Kata kunci: kreativitas belajar, motivasi belajar, problem based learning The problem in this research was the low learning creativity of third grade students at SD Negeri 11 Metro Pusat, which was characterized by learning that was still centered on educators and the use of books as the main source of learning. This research aimed to determine the effect of implementing the PBL model and learning motivation on students' creativity in elementary schools. The research method used was a quasi-experimental design with a nonequivalent control group. The research population consisted of 62 students, and the sample was determined using a saturated sampling technique. Data was collected using observation, questionnaires, and documentation. The research results showed that there was an influence of the application of the PBL model and learning motivation on the creativity of students in elementary schools, both independently and together. Keyword: learning creativity, learning motivation, problem based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 05 Feb 2025 03:01
Terakhir diubah: 05 Feb 2025 03:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82058

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir