KAJIAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK SMPN 3 MENGGALA TULANG BAWANG

Viny, Chintia (2024) KAJIAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PESERTA DIDIK SMPN 3 MENGGALA TULANG BAWANG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Viny Chintia11.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN - Viny Chintia11.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1564Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
REVISI SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Viny Chintia11.pdf

Download (1100Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan literasi sains siswa berdasarkan kerangka soal yang berasal dari PISA sehingga mendapatkan skor kemampuan literasi sains siswa dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains. Penelitian ini jenisnya yaitu studi deskriptif dengan desain deskriptif sederhana. Sampel penelitian yang digunakan dipilih secara purposive sampling dengan jumlah 18 siswa di SMPN 3 Menggala. Data kuantitatif berupa skor hasil dari soal kemampuan literasi sains siswa yang diperoleh dengan soal PISA, sedangkan data kualitatif berupa data faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains siswa yang didapatkan dari kuesioner siswa. Kemudian keduanya dianalisis secara deskriptif. Hasil dari kemampuan literasi sains siswa yang didapatkan pada penelitian ini berada dalam kategori “sangat rendah”. Berdasarkan aspek kemampuan ilmiah, menjelaskan fenomena secara ilmiah memiliki skor paling tinggi dengan persentase 55,55% dengan kategori “rendah”, kemudian menggunakan bukti ilmiah memiliki skor paling rendah dengan persentase 42,59% dengan kategori “sangat rendah”, dan untuk aspek mengidentifikasi permasalahan ilmiah dengan persentase 54,76% dengan kategori “sangat rendah”. Persentase hasil kuesioner untuk siswa mengenai faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains diantaranya motivasi belajar IPA sebesar 64,28%, kebiasaan belajar IPA sebesar 38,88%, dan fasilitas pembelajaran di sekolah sebesar 58,88%. Kata Kunci: Literasi sains, pencemaran lingkungan, sekolah menengah pertama.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 05 Feb 2025 08:13
Terakhir diubah: 05 Feb 2025 08:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82218

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir