PENGARUH PEMBELAJARAN PjBL TERINTEGRASI DENGAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS IX PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

Sisilia , Dela Anggraini (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN PjBL TERINTEGRASI DENGAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS IX PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Sisilia Dela Anggraini.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Sisilia Dela Anggraini.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3857Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Sisilia Dela Anggraini.pdf

Download (2858Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PjBL terintegrasi dengan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Natar, Lampung Selatan pada materi bioteknologi. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi experiment dengan desain penelitian pretest- posttest non equivalen control group design. Sampel pada penelitian ini yaitu IX A yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan IX B yang berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran PjBL terintegrasi STEM dan kelas kontrol menggunakan model discovey learning. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh dari pretest-posttest dan kemampuan kolaborasi diperoleh dari hasil lembar observasi yang dianalisis secara deskriptif. Data tanggapan peserta didik tentang pembelajaran PjBL terintegrasi STEM dikumpulkan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran PjBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai sig.(2-tailed) < 0,05 dan hasil uji effect size sebesar 2,86 dengan interpretasi “besar” sehingga terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran PjBL terintegrasi STEM terhadap kemampuan berpikir kritis. Hasil perhitungan kemampuan kolaborasi pada kelas eksperimen rata-rata sebesar 87.19% dengan kriteria “sangat baik” sedangkan pada kelas kontrol sebesar 64.68% dengan kriteria “cukup”. Hasil angket tanggapan peserta didik sebesar 83.92% dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Bioteknologi, Kolaborasi, PjBL-STEM

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:53
Terakhir diubah: 06 Feb 2025 03:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82335

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir