PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF

Rosa Salsabila, Latifah (2024) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - rosa salsabila latifah.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Lengkap - rosa salsabila latifah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3329Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi lengkap tanpa pembahasan - rosa salsabila latifah.pdf

Download (1894Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis Problem yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi energi alternatif. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Design and Development Research (DDR) yang diadaptasi oleh Richey & Klien (2007) dengan menggunakan penilaian terhadap validitas, uji kepraktisan yang terdiri dari uji keterbacaan, uji persepsi guru, dan uji respon peserta didik, uji keefektifan terdiri dari uji normalitas, N-gain, dan Paired Sample T-Test. Pada hasil uji validitas didapatkan rata-rata nilai dari ketiga validator sebesar 3,67, dengan rata- rata validasi media dan desain diperoleh hasil sebesar 3,77 dengan kategori sangat valid dan validasi materi dan konstruk sebesar 3,58 dengan kategori sangat valid. Hasil uji keperaktisan diperoleh skor rata-rata untuk uji keterbacaan sebesar 82,5% dengan kategori terbaca, uji respon peserta didik sebesar 82,5 % dengan kategori sangat baik, sedangkan untuk uji persepsi guru sebesar 87,7% dengan kategori sangat baik. Sehingga rata-rata skor untuk kepraktisan tersebut sebesar 84,2 % dengan kategori sangat praktis. Uji keefektifan dapat dilihat pada hasil uji N-gain dan Paired Sample T-Test, berdasarkan hasil uji N-gain diperoleh skor sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Selain itu juga berdasarkan hasil Paired Sample T-Test diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0.000 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan e-LKPD berbasis problem. Sehingga dapat diartikan bahwa e- LKPD berbasis problem untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada materi energi alternatif efektif digunakan pada proses pembelajaran. Kata Kunci: e-LKPD, Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 07 Feb 2025 07:42
Terakhir diubah: 07 Feb 2025 07:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82564

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir