PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM SEBAGAI UPAYA MITIGASI PERUBAHAN IKLIM BAGI SISWA SMP

DANIEL RIYAN MARTUA, LUBIS (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM SEBAGAI UPAYA MITIGASI PERUBAHAN IKLIM BAGI SISWA SMP. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Rocket Digital.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Rocket Digital.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1819Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rocket Digital.pdf

Download (1261Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Peningkatan emisi gas rumah kaca menimbulkan terjadinya perubahan iklim. Permasalahan akibat perubahan iklim berdampak terhadap aktivitas kehidupan manusia. Aksi mitigasi perubahan iklim upaya solusi peristiwa perubahan iklim. Dampak perubahan iklim merupakan tantangan yang perlu dihadapi, dan pendidikan berperan penting dalam mendorong aksi perubahan iklim di kalangan siswa usia sekolah. Namum, bedasarsan hasil observasi analisis kebutuhan guru dan peserta didik terbatasnya bahan ajar pada materi perubahan iklim. Dibutuhkannya pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis project based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan Design and Development Research (DDR) yang dimodifikasi oleh Richey & Klein (2009) dan terdiri dari 4 tahapan seperti analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan. LKPD berbasis Project Based Learning untuk membantu peserta didik memahami topik perubahan ikilm khususnya pada mitigasi perubahan iklim. Kevalidan produk dinilai oleh 3 orang ahli yang terdiri dari aspek penilaian materi dan konstruk serta aspek penilaian media dan desain dengan hasil skor rata-rata keseluruhan 3,58 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan produk dinilai dari aspek keterbacaan dengan memperoleh persentase rata-rata keseluruhan sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan analisis hasil data disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan LKPD berbasis Project Based Learning pada materi perubahan iklim telah valid dan praktis untuk menerapkan upaya mitigasi bagi peserta didik. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Poject Based Learning, Mitigasi, Perubahan Iklim.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 07 Feb 2025 07:54
Terakhir diubah: 07 Feb 2025 07:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82575

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir