HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN TINGKAT BURNOUT AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS LAMPUNG

Rieza , Rizki Cintia (2024) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN TINGKAT BURNOUT AKADEMIK DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK Rieza Rizki Cintia )
ABSTRAK_Rieza Rizki Cintia - Rieza Rizki Cintia.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF (FILE FULL Rieza Rizki Cintia )
Skripsi Full_Rieza Rizki Cintia - Rieza Rizki Cintia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2366Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (FILE TANPA BAB PEMBAHASAN Rieza Rizki Cintia )
Skripsi Full Tanpa Pembahasan_Rieza Rizki Cintia - Rieza Rizki Cintia.pdf

Download (2124Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah burnout akademik mahasiswa yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dengan tingkat burnout akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial orang tua dan skala burnout akademik. Pada penelitian ini populasi sebanyak 72 mahasiswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig.) = 0,003; <0,05 dengan rhitung sebesar -0,349 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara dukungan sosial orang tua dengan tingkat burnout akademik dalam menyelesaikan skripsi, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka semakin rendah burnout akademik begitupun sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial orang tua maka semakin tinggi burnout akademik. Kata Kunci : dukungan sosial, orang tua, burnout akademik The problem of this research is the high academic burnout of students. This research aims to determine the relationship between parental social support and the level of academic burnout in completing a thesis for guidance and counseling students at the University of Lampung. The method used in this research is quantitative research with data collection techniques using the parental social support scale and the academic burnout scale. In this study the population was 72 students taken using a purposive sampling technique. The data analysis used is product moment correlation. The research results show that the significance value (Sig.) = 0.003; <0.05 with an r count of -0.349 which means Ho is rejected and Ha is accepted. The results of the research show that there is a negative relationship between parental social support and the level of academic burnout in completing a thesis, so it can be concluded that the higher the social support of parents, the lower the academic burnout and vice versa, the lower the social support of parents, the higher the academic burnout. Keywords: social support, parents, academic burnout

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 07 Feb 2025 08:01
Terakhir diubah: 07 Feb 2025 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82579

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir