PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP

FITRI , HANDAYANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak _Fitri Handayani - Fitri Handayani.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Fitri Handayani _Tanpa Lampiran - Fitri Handayani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4040Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Fitri Handayani Tanpa Bab 4 ( Hasil dan Pembahasan ) - Fitri Handayani.pdf

Download (3849Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran OBAK terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VII pada materi interaksi antar makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Data yang diukur dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa nilai keterampilan proses sains yang diperoleh dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Independent sampel t-test dan data tanggapan peserta didik tentang pembelajaran menggunakan model OBAK yang dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan persentase, diperoleh rata-rata persentase angket tanggapan peserta didik sebesar 76,2% dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model OBAK terhadap keterampilan proses sains peserta didik dengan nilai sig (2-tailed) 0,00<0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunakan model OBAK berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya di SMPN 2 Rebang Tangkas. Kata Kunci : Model OBAK, Keterampilan Proses Sains, Materi Interaksi antar Makhluk Hidup dengan Lingkungannya

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 08 Feb 2025 02:16
Terakhir diubah: 08 Feb 2025 02:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82635

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir