KIKI , RIZKI ARMELA (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN SOFTWARE SMART APPS CREATOR DENGAN INTERNALISASI SOFT SKILLS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTARK_KIKI RIZKI ARMELA _DIGILIB UNILA - K.R Armela.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
Tesis_Kiki Rizki Armela _2023022004_Full_DIGILIB UNILA - K.R Armela.pdf Restricted to Hanya staf Download (2945Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
Tesis_Kiki Rizki Armela _2023022004_Tanpa Pembahasan_DIGILIB UNILA - K.R Armela.pdf Download (2404Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis Software Smart Apps Creator yang difokuskan pada internalisasi soft skills yang dibatasi Creativity/ Innovation, Problem-solving, Teamwork dan Personal Effectiveness guna meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik tingkat SMA dalam memahami konsep-konsep materi tentang usaha dan energi. Penelitian ini menggabungkan teknologi e-modul dengan pengintegrasian aspek keterampilan lunak (soft skills) dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan ini adalah metode R &D dengan menggunakan model 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu : Define, Design, Develop dan Disseminate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi: angket analisis kebutuhan, angket uji validasi, angket uji kepraktisan, dan angket uji keefektifan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori tergolong “ layak” dengan persentase keidealan validator materi 72,2 % dan validator media tergolong “sangat layak” dengan persentase keidealan 94,2 %. Menurut penilaian pendidik fisika termasuk e-modul dalam kategori “sangat layak” dengan persentase keidealan 87,29 %. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul dalam kategori sangat baik dan layak digunakan dalam uji coba selanjutnya. E-Modul yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran fisika sehingga dapat meningkatkan keterampilan berfikir kreatif peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai gain pada masing-masing variabel. Peningkatan pada keterampilan berfikir kreatif ditunjukkan pada perolehan N-gain sebesar 0,47. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul fisika internalisasi soft skills efektif untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif dengan peningkatan kategori sedang. Kata kunci: E-Modul, Smart Apps Creator, Soft Skills ABSTRACT E-MODUL DEVELOPMENT USING SMART APPS CREATOR SOFTWARE WITH SOFT SKILLS INTERNALIZATION TO IMPROVE CREATIVE THINKING SKILLS HIGH SCHOOL STUDENTS ON THE MATERIAL EFFORT AND ENERGY By KIKI RIZKI ARMELA This research aims to develop an interactive e-module based on the Smart Apps Creator software, focusing on the internalization of limited soft skills, namely Creativity/Innovation, Problem-solving, Teamwork, and Personal Effectiveness. The goal is to enhance the creative thinking skills of high school students in understanding the concepts of effort and energy. This study combines e-module technology with the integration of soft skills aspects in physics education. The research method employed is the Research and Development (R&D) method, utilizing the 4-D model, consisting of four main stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. Data collection instruments include needs analysis questionnaires, validation test questionnaires, practicality test questionnaires, and effectiveness test questionnaires. The results indicate that the developed e-module is categorized as "feasible," with a material validator's ideal percentage of 72.2% and a media validator's "very feasible" classification with an ideal percentage of 94.2%. According to physics educators, the e-module is considered "very feasible," with an ideal percentage of 87.29%. This suggests that the e-module is highly suitable for further testing. The developed e-module is effective for physics education, leading to an improvement in students' creative thinking skills, as evidenced by the gain values for each variable. The increase in creative thinking skills is reflected in the N-gain acquisition of 0.47. Thus, it can be concluded that the use of the physics e-module with internalization of soft skills is effective in enhancing creative thinking skills, with a moderate increase in the category. Keywords:E-Modules, Smart Apps Creator ,Soft Skills
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
Date Deposited: | 08 Feb 2025 14:27 |
Terakhir diubah: | 08 Feb 2025 14:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82710 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |