PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS DI SMAN 2 MENGGALA

Susanti , Armalia (2024) PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS DI SMAN 2 MENGGALA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Susanti Armalia.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Susanti Armalia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1906Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - Susanti Armalia.pdf

Download (1635Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain melalui pretest posttest quasi eksperimen nonequivalent control group design. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas X Ipa 1 (kelas eksperimen) dan X Ipa 2 (kelas kontrol) diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan dengan teknik instrumen tes dan angket. Instrumen tes dalam bentuk soal pilihan jamak sebanyak 15 soal. Instrumen angket berisi pertanyaan terkait respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan e-lkpd. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang artinya <0,05 dan kelas eksperimen memperoleh hasil rata- rata N-gain sebesar 0,4061 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor N- gain 0,2150 dengan kategori rendah. Hasil angket tanggapan siswa memperoleh rata- rata presentase 73% dalam kategori diterima dengan baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media e-lkpd terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Materi Virus, Media e-lkp

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:48
Terakhir diubah: 11 Feb 2025 04:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82901

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir