0643024018, Elia Sukmadewi (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK MENGENAL DUNIA TUMBUHAN (Studi Eksperimen pada siswa Kelas X SMA Persada Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011). UNSPECIFIED.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover Dalam.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Gambar.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Tabel.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Moto.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persembahan.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persetujuan.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Riwayat Hidup.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Sanwacana.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (74Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (8Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe TPS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok Mengenal Dunia Tumbuhan. Desain penelitian adalah pretest-postest. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X6 sebagai kelas kontrol, yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai pretest dan postest, kemudian dihitung selisisihnya dan diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 15. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe TPS dengan N-gain lebih tinggi (66,06) dibanding tanpa model cooperative learning tipe TPS (50,31). Keterampilan berpikir kritis siswa setelah melaksanakan pembelajaran pada kelas yang pembelajarannya menggunakan model cooperative learning tipe TPS lebih tinggi daripada kelas yang pembelajarannya tidak menggunakan model cooperative learning tipe TPS. Pada kelas eksperimen indikator keterampilan berpikir kritis yang paling tinggi adalah memberikan argumen sedangkan pada kelas kontrol indikator merumuskan masalah. Dengan demikian terdapat pengaruh yang meningkatkan dari penerapan model cooperative learning tipe TPS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok Mengenal Dunia Tumbuhan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning tipe TPS berpengaruh meningkatkan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Indikator keterampilan berpikir kritis siswa meningkat setiap pertemuan dibandingkan metode pembelajaran diskusi kelompok. Kata kunci : model cooperative learning tipe TPS, mengenal dunia tumbuhan, keterampilan berpikir kritis.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Meda Sulistiana |
Date Deposited: | 16 Apr 2015 06:10 |
Terakhir diubah: | 19 Oct 2015 04:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8292 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |