EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN VISUALISASI MOLEKUL 3D PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Sindi, Amilia (2025) EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN VISUALISASI MOLEKUL 3D PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (185Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2939Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model flipped learning berbantuan visualisasi molekul 3D pada materi hidrokarbon untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Swasta Hang Tuah Lampung Utara pada Tahun Pelajaran 2024/2025, dan sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes yang merujuk dari Anderson & Krathwohl yaitu meliputi menganalisis (C4) dan mencipta(C6). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain HOTs peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 0,65 dan kelas kontrol sebesar 0,45 yang berarti kedua kelas memiliki kategori sedang. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata n-gain HOTs pada kelas eksperimen yang menggunakan model flipped learning dengan rata-rata n-gain HOTs pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model flipped learning berbantuan visualisasi molekul 3D efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi hidrokarbon. Kata Kunci: Flipped Learning, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Hidrokarbon.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308302629 . Digilib
Date Deposited: 12 Feb 2025 01:20
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 01:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82927

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir