PENGARUH MODEL PjBL TERINTEGRASI STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

Reny Septina, Dewi (2025) PENGARUH MODEL PjBL TERINTEGRASI STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_RENY SEPTINA DEWI.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_RENY SEPTINA DEWI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1953Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB 4 DAN LAMPIRAN_RENY SEPTINA DEWI.pdf

Download (1576Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nyata penerapan model PjBL terintegrasi STEM terhadap kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 2 Gedong Tataan semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 134 siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik Pusposive sampling dan terpilih kelas X.2 yang berjumlah 20 siswa dan kelas X.4 yang berjumlah 20 siswa. Data kuantitatif diperoleh dengan LKPD sebagai penilaian kreativitas dimensi proses. Data kualitatif diperoleh dari hasil produk berupa pupuk dan vlog yang dinilai menggunakan rubrik penilaian kreativitas dimensi produk, sedangkan respon peserta didik terhadap pembelajaran diukur menggunakan angket respon peserta didik. Hasil penelitian berdasarkan data menunjukkan bahwa kreativitas dimensi proses pada peserta didik yang menerapkan model PjBL terintegrasi STEM mendapatkan hasil rata-rata lebih tinggi dengan kategori tinggi (88) berbeda nyata dengan kelas kontrol yang termasuk kategori rendah (56,25). Pada kreativitas dimensi produk didapatkan hasil rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dengan kategori sangat kreatif (86,6) jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang termasuk kategori cukup kreatif (53,3). Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test didapatkan nilai Sig. 0,000 < 0,05, yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. H1 yaitu terdapat pengaruh signifikan penerapan model PjBL terintegrasi STEM terhadap kreativitas peserta didik. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik (92,5%) berpendapat bahwa model PjBL terintegrasi STEM dalam pembelajaran dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Kata kunci : PjBL Terintegrasi STEM, Kreativitas, Perubahan Iklim.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308730912 . Digilib
Date Deposited: 12 Feb 2025 01:43
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 01:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83014

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir