ANALISIS SIKAP DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERKAIT NILAI BUDAYA ETNIS BATAK DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Rinaldo , Simbolon (2024) ANALISIS SIKAP DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA TERKAIT NILAI BUDAYA ETNIS BATAK DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT - Rinaldo Simbolon.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF (FILE FULL Rinaldo Simbolon)
FULL SKRIPSI - Rinaldo Simbolon.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (868Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Rinaldo Simbolon.pdf

Download (695Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi nilai budaya dan menganalisis sikap dan motivasi etnis Batak dalam berwirausaha di Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pemilihan informan menggunakan metode purposive dan penentuan jumlah informan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif, dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap yang ditunjukkan etnis Batak dalam menjalankan kegiatan wirausaha yaitu memiliki sikap disiplin, komitmen yang tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realistis. Sedangkan faktor motivasi etnis Batak dalam berwirausaha yaitu laba, kebebasan, impian personal dan kemandirian. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai budaya 3H secara langsung bisa mempengaruhi orang Batak dalam menjalankan aktivitas wirausaha. Adanya filosofi Hamoraon, Hagabeon dan Hasangapon turut menumbuhkan sikap dan motivasi mereka. Dalam mewujudkan nilai budaya tersebut, menjadikan mereka memiliki etos kerja yang tinggi, pekerja keras, pantang menyerah, antusias yang tinggi dan semangat kompetitif dalam mencapai tujuannya. Kata kunci: Sikap, Motivasi, Nilai Budaya, Etnis Batak, Kewirausahaan The purpose of this research is to explore cultural values and analyze the attitudes and motivations of ethnic Batak in entrepreneurship in Bandar Lampung City. This type of research is descriptive with a qualitative approach. The technique of selecting informants using purposive method and determining the number of informants using snowball sampling technique. The data collection techniques used were in-depth interviews, observation, and documentation. The data analysis technique uses interactive model data analysis, and the data validity technique uses source triangulation. The results of this study indicate that the attitudes shown by ethnic Batak in carrying out entrepreneurial activities are disciplined, highly committed, honest, creative and innovative, independent and realistic. While the motivational factors of ethnic Batak in entrepreneurship are profit, freedom, personal dreams and independence. The findings in this study indicate that the 3H cultural value can directly influence Batak people in carrying out entrepreneurial activities. The existence of the Hamoraon, Hagabeon and Hasangapon philosophies helped foster their attitudes and motivations. In realizing these cultural values, it makes them have a high work ethic, hardworking, unyielding, high enthusiasm and competitive spirit in achieving their goals. Keywords: Attitude, Motivation, Cultural Values, Batak Ethnic, Entrepreneurship

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 11 Feb 2025 13:26
Terakhir diubah: 11 Feb 2025 13:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83074

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir