Septri , Wijiyanti (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI-SEPTRI WIJIYANTI-2013054035 - 35_Septri Wijiyanti.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
![]() |
File PDF
SKRIPSI-SEPTRI WIJIYANTI-2013054035 - 35_Septri Wijiyanti.pdf Restricted to Hanya staf Download (906Kb) | Minta salinan |
|
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN-SEPTRI WIJIYANTI-2013054035 - 35_Septri Wijiyanti.pdf Download (851Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 32 anak yang berusia 5-6 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis tabel, uji normalitas dan linearitas, uji hipotesis. Pengujian reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan dinyatakan sangat reliabel dengan skor X sebesar 0,821 dan skor Y sebesar 0,830. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,39 yang berarti bahwa pengaruh pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif berada pada kategori sedang. Kemudian, hasil pengujian menggunakan uji regresi linear sederhana mendapatkan signifikansi 0,003 kurang dari 0,05 (0,003<0,05), dan besar pengaruh yang didapatkan sebesar 26,6% hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran sains terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: perkembangan kognitif, pembelajaran sains, anak usia dini This study aims to determine the effect of science learning activities on the cognitive development of children aged 5-6 years. The method used in this research is quantitative, with a quasi-experimental research design. This study employs a one-group pretest-posttest design. The research sample consists of 32 children aged 5-6 years. The sampling technique used is purposive sampling. The data collection techniques employed in this research are observation and documentation. The data analysis techniques used include table analysis, normality and linearity tests, and hypothesis testing. The reliability testing of the instruments was conducted using the Cronbach's Alpha formula, and it was found to be highly reliable, with a score of X at 0.821 and a score of Y at 0.830. The results of study show an average N- Gain score of 0.39, indicating that the influence of science learning on cognitive development is in the moderate category. Furthermore, the results of testing using simple linear regression obtained a significance of 0.003, which is less than 0.05 (0.003<0.05), and the effect obtained was 26,6 %, proving that there is an effect of science learning on the cognitive development of children aged 5-6 years. Keywords: cognitive development, science learning, early childhood
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 02:31 |
Terakhir diubah: | 12 Feb 2025 02:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83136 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |