TINDAK ASERTIF DALAM KICK ANDY DOUBLE CHECK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

ANNISA , WIDYA UTAMI (2025) TINDAK ASERTIF DALAM KICK ANDY DOUBLE CHECK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (36Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (36Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tindak asertif dalam Kick Andy Double Check dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa indonesia di SMA. Penelitian mengenai tindak asertif dalam gelar acara Kick Andy Double Check bertujuan untuk mendeskripsikan tindak asertif dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat catat (SBLC) dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik heuristik. Sumber data dalam penelitian ini yaitu tayangan video Kick Andy Double Check. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang mengandung tindak asertif fungsi komunikatif membertahu, menyatakan, melaporkan, menuntut, membanggakan, mengeluh, dan menyarankan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tujuh fungsi komunikatif tindak asertif yaitu fungsi menyatakan, memberitahu, mengeluh, membanggakan, melaporkan, menutut, dan menyarankan. Fungsi komunikatif tindak asertif yang mendominasi dalam penelitian yaitu fungsi menyatakan. Hal tersebut demikian sebab penutur dalam ketiga tayangan video banyak menyatakan sesuatu yang dianggap benar dalam menanggapi suatu isu. Kelangsungan dan keliteralan yang paling banyak muncul dalam penelitian ini adalah tuturan langsung literal sebab saat menyampaikan pernyataan yang bertujuan untuk memperkuat opini, makna yang disampaikan sesuai dengan makna literal dari kata-kata yang digunakan, serta bentuk tindakannya langsung mencerminkan tujuan dalam bertutur. Hasil penelitian diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X sebagai pelengkap bahan ajar pembelajaran teks debat. Video tayangan gelar acara Kick Andy Double Check ditayangkan di depan kelas menggunakan laptop, LCD, dan layar proyektor. Catatan lapangan berupa transkrip percakapan yang mengandung tindak asertif dibagikan saat pendidik memberikan tugas proyek membangun sebuah kalimat argumentatif sebelum dilaksanakannya praktek debat. Kata kunci: Tindak Asertif, Kelangsungan, Keliteralan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
400 Bahasa > 490 Bahasa-bahasa lain
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2308560385 . Digilib
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:36
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 07:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83160

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir