PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 BANJAR AGUNG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Triana , Setia Lestari (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 BANJAR AGUNG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
Abstrak - Triana Setia Lestari.pdf

Download (1434Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI full triana - Triana Setia Lestari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2059Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI full triana TANPA BAB PEMBAHASAN - Aldi Razalia.pdf

Download (2027Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan Literasi Sains peserta didik kelas X SMAN 1 Banjar Agung pada pelajaran Biologi materi Perubahan Lingkungan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimen Non-equivanlent Control Group. Sampel dari penelitian ini adalah 71 peserta didik kelas X SMAN 1 Banjar Agung tahun Pelajaran 2023/2024 yang diambil dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 yang dipilih dengan Teknik purposive sampling. Data rata-rata nilai N-gain sebagai hasil kemampuan literasi sains dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test. Data angket tanggapan peserta didik dianalisis secara deskriptif. Hasil uji Independent Sample t-Test pada Sig. 0,04<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains peserta didik kelas X SMAN 1 Banjar Agung. Hal ini di tunjukkan dari hasil nilai N-gain kelas Eksperimen sebesar 60 (Sedang) dan kenaikan literasi sains kelas eksperimen pada aspek K1 (0,61) K2 (0,60) dan K3 (0,58). Kata Kunci : Problem Based Learning dan Kemampuan Literasi Sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Feb 2025 03:56
Terakhir diubah: 12 Feb 2025 03:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/83191

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir